EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI PADA SISWA SMA

0743023046, Ratu Dwi Gustia Rasyidi (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI PADA SISWA SMA. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Mengesahkan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (140Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 3-E yang efektif pada materi hukum-hukum dasar kimia dalam meningkatkan keteram- pilan mengkomunikasikan dan inferensi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA N 15 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Diperoleh sampel kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperiemen yaitu Nonequivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran diukur berdasarkan selisih skor pretest dan posttest (gain ternormalisasi). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pem- belajaran Learning Cycle 3 E memiliki rata-rata keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas dengan pembelajaran 4 sebagai konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3 E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi siswa. Kata kunci: model pembelajaran Learning Cycle 3 E, keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 20 Apr 2015 06:17
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8574

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir