, Y U N I A R (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TALANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN SDSFDSF 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
Abstrak.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (85Kb) |
||
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persetujuan.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
dAFTAR iSI.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (141Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1352Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (240Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (554Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (287Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru pada siswa dalam suatu kelas, masih sering dijumpai suasana belajar yang cenderung pasif. Dalam arti proses belajar mengajar tidak menciptakan keaktivan pada siswa yang berdampak pada prestasi hasil belajar yang tidak baik. Untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa diperlukan cara yang tepat. Salah satunya adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Berdasarkan tindakan dalam upaya peningkatan prestasi hasil belajar dalam penelitian tindakan kelas melalui tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi dalam tiap siklusnya, pada siswa kelas V SDN 4 Talang, hasil yang diperoleh: Nilai rata-rata sebelum tindakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 62,33 pada siklus 1 pertemuan pertama prestasi hasil rata-rata 67,66 dengan prosentase kekatifan siswa 46,66%. Pertemuan kedua meningkat menjadi 69,66. Terjadi peningkatan rata-rata sebesar 2 point dengan prosentase keaktifan siswa 63.33% atau naik 20%. Pada siklus 2 pertemuan pertama rata-rata prestasi 73,00 dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 77,00 dengan prosentase keaktifan sebesar 66,66% meningkat menjadi 86,66%. Pada siklus 3 pertemuan pertama rata-rata prestasi 85,3 meningkat menjadi 90,00 pada siklus ini seluruh siswa aktif dalam proses belajar (100%). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif melalui hasil analisis catatan lapangan dan dari data prestasi siswa. Melihat hasil yang diperoleh melalui penelitian tindakan kelas pada siklus 1,2 dan 3, peneliti berhasil dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Kata Kunci : Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) aktivitas dan prestasi hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 08:03 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/858 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |