PROSES PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS VII SMPN 1 SUMBEREJO

Hafid , Khoiruddin (2024) PROSES PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS VII SMPN 1 SUMBEREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
HAFID SKRIPSI_ABSTRAK - Hafid Khoiruddin.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
HAFID SKRIPSI_Skripsi Full Tanpa Lampiran - Hafid Khoiruddin.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2064Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
HAFID SKRIPSI_Skripsi Full Tanpa Pembahasan - Hafid Khoiruddin.pdf

Download (1090Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Youtube merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video, menonton berbagai konten video, serta berbagi video sehingga dapat diakses oleh berbagai orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran vokal dengan menggunakan Youtube sebagai sumber belajar di kelas VII SMPN 1 Sumberejo. Data yang dikumpulkan berupa data deskriptif kualitatif tentang proses pembelajaran vokal dengan menggunakan Youtube sebagai sumber belajar di kelas, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian berupa sumber data primer yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder berupa hasil dokumentasi dan data arsip sekolah. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu guru seni budaya dan peserta didik kelas VII A SMPN 1 Sumberejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran vokal dengan menggunakan Youtube sebagai sumber belajar di kelas VII SMPN 1 Sumberejo meliputi tiga tahapan proses pembelajaran yaitu : 1) Tahap perencanaan, dimana pada tahapan ini terdapat tiga perencanaan yang dirancang oleh guru yaitu, menentukan tujuan pembelajaran, pertimbangan kebutuhan dan gaya belajar, dan identifikasi sumber belajar, 2) Tahap Pelaksanaan, pada tahap pelaksanaan proses pembelajaran terdapat lima pertemuan dengan guru memberikan topik pembelajaran, penjelasan, bahan sumber belajar, pengulasan, dan pembagian kelompok dan praktik, 3). Tahap Evaluasi, pada tahap evaluasi dalam proses pembelajaran di akhiri dengan melaksanakan kegiatan evaluasi penilaian bagi peserta didik. Proses pembelajaran vokal dengan menggunakan Youtube sebagai sumber belajar menjadi salah satu bentuk inovasi dan terobosan baru dalam dunia pendidikan. Kata kunci : Proses Pembelajaran, Vokal, Youtube, Sumber Belajar. Youtube is a social media platform that allows users to upload videos, watch various video content, and share videos so they can be accessed by various people. This study aims to describe how vocal learning processes occur using Youtube as a learning source in class VII of SMPN 1 Sumberejo. The data collected consists of qualitative descriptive data about the vocal learning process using Youtube as a source in the classroom, using data collection techniques such as observation, interview, and documentation. Data sources for the study include results of observation and interview as rimary data, documentation and school archives as the secondary data. The informants in this study are the art teacher and students of class VII A SMPN 1 Sumberejo. The results of this study indicate the vocal learning process using Youtube in the class VII SMPN 1 Sumberejo includes three stages : 1) Planning stage, where there are three plans designed by the teacher, namely determining learning objectives, considering needs and learning styles, and identifying learning sources, 2) Implementation stage, where there are five meetings with the teacher providing learning topics, explanations, learning materials, discussions, and group assignments and practices, 3) Evaluation stage, where the learning process concludes with conducting evaluation activities and assessments for students. Vocal learning using Youtube as a learning source is considered as one of the innovations and new breakthroughs in the field of education. Keywords: Learning Process, Vocal, Youtube, Learning Resource.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Musik
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:28
Terakhir diubah: 25 Mar 2025 04:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85803

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir