HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Erna Kusmiyati , 0743031013 (2012) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (335Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76Kb) | Preview

Abstrak

Hasil belajar adalah hasil yang dicapai siswa dalam belajar setelah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan disekolah dan diwujudkan dalam bentuk nilai dari guru kepada muridnya pada jangka waktu tertentu. Penilaian yang dilakukan oleh guru adalah sebagai dasar untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan selama siswa mengikuti proses belajar mengajar. Hasil belajar banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh anak didik dan bagaimana Orang tua memperhatikan anak dalam proses belajar. Orang tua yang memiliki status sosial ekonomi yang kuat mempunyai kemungkinan dapat menyediakan fasilitas belajar untuk anak-anaknya. Faktor tersebut diduga dapat meningkatkan kualitas penampilan siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Orang tua dengan status sosial ekonomi yang tinggi akan mengalokasikan lebih banyak sumber yang dimilikinya bagi pendidikan sang anak. Dari sudut pandang ekonomi sumber daya yang dimaksud adalah penyediaan sarana pendidikan . Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan positif status sosial ekonomi orang tua siswa dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung tahun Pelajaran 2010/2011?”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 217 siswa dengan sampel sebanyak 140 siswa dengan rumus Cochran. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan simple random sampling Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi parsial, dan model korelasi ganda atau multiple. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis mengunakan taraf signifikansi 0,05, maka hasilnya sebagai berikut. 1. Terdapat hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 secara signifikan dan positif apabila fasilitas belajar dikendalikan. Diperoleh koefisien t koefisien t tabel = 1,977, ini berarti t hitung > t tabel. hitung = 7,806 sedangkan harga 2. Terdapat hubungan ketersediaan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010-2011 secara signifikan dan positif apabila status sosial ekonomi orang tua dikendalikan. Diperoleh koefisien t harga koefisien t tabel = 1,977 , ini berarti t hitung > t tabel. . hitung = 6,610 sedangkan 3. Terdapat hubungan status sosial ekonomi orang tua dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Yang ditunjukan oleh hasil uji korelasi ganda atau multiple bahwa F sedangkan F diterima. tabel = 3,062 yang berarti F hitung > F tabel hitung = 42,787 Ho ditolak dan H 1

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 21 Apr 2015 02:27
Last Modified: 21 Apr 2015 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item