USWATUN , HASANAH (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI MITIGASI BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 ABUNG TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ASBTRACT.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1429Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1099Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Abung Tinggi masih tergolong rendah, terutama dalam memahami materi mitigasi bencana yang bersifat abstrak dan sulit dihubungkan dengan pengalaman konkret. Proses pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah dan penggunaan buku cetak sebagai satu-satunya sumber belajar, yang mengakibatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran kurang optimal. Selain itu, belum tersedianya bahan ajar yang interaktif dan inovatif semakin memperburuk pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih kontekstual dan berbasis pendekatan yang mendorong siswa berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Learning Cycle 5E pada materi mitigasi bencana guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Abung Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi, desain, dan bahasa terhadap LKPD memperoleh kategori sangat baik, dengan skor rata-rata berturut-turut sebesar 80%, 91%, dan 90%. Respon guru dan siswa terhadap LKPD juga sangat positif, menunjukkan bahwa media ini relevan dan mudah digunakan. Uji coba LKPD menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 25,88%. Kata Kunci: LKPD, Learning Cycle 5E, mitigasi bencana, berpikir kritis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308129048 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:33 |
Terakhir diubah: | 25 Mar 2025 07:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85822 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |