NISA , NURFADHILA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS REPRESENTASI SUBMIKROSKOPIS PADA MATERI KOROSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Nisa Nurfadila.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi dengan pembahasan - Nisa Nurfadila.pdf Restricted to Hanya staf Download (3237Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan(revisi) - Nisa Nurfadila.pdf Download (2659Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis representasi submikroskopis pada materi korosi, mendeskripsikan karakteristik, validitas video pembelajaran, tanggapan guru dan siswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan mengikuti langkah-langkah model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan lembar keterbacaan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas XII dan guru kimia dari tiga sekolah di dua kabupaten yang berbeda, serta tiga validator ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik video pembelajaran ini, yaitu terdapat representasi kimia level submikroskopis, gambar dan video praktikum. Hasil validasi ahli meliputi aspek kesesuaian isi, kontruksi dan kemenarikan. Berdasarkan hasil validasi memiliki kriteria tinggi, sehingga produk dinyatakan valid. Hasil tanggapan guru menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan memiliki kesesuaian isi materi dengan kompetensi dasar, memiliki susunan (kontruksi) yang sesuai, dan menarik. Hasil tanggapan siswa menunjukkan bahhwa video pembelajaran yang dikembangkan menarik dan dapat dipahami dengan baik. Dengan demikian, video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media ajar. Kata kunci: media ajar, video pembelajaran, representasi kimia level submikroskopis, korosi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 02:11 |
Terakhir diubah: | 26 Mar 2025 02:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85839 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |