Panji, Sukoco (2025) ARGUMENTASI DALAM FINAL INDONESIAN LAW DEBATING COMPETITION PIALA PROFESOR JIMLY ASSHIDDIQIE M.H. DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DIGITAL DI SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABTRAK Panji Sukoco_2323041010.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS Panji Sukoco_2323041010.pdf Restricted to Hanya staf Download (2397Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS Tanpa Pembahasan Panji Sukoco_2323041010.pdf Download (1086Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini ialah adanya keterbatasan bahan ajar yang digunakan pendidik khususnya dalam pembelajaran teks debat yang menyebabkan rendahnya motivasi dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan argumentasi AREL yang terdapat pada Final Indonesian Law Debating Competition Piala Prof. Jimly Asshiddiqie, M.H., menghasilkan produk bahan ajar digital teks debat berbasis argumentasi yang terdapat pada Final Indonesian Law Debating Competition Piala Prof. Jimly Asshiddiqie, M.H., mendeskripsikan uji kelayakan produk, dan mendeskripsikan keefektifan produk untuk peserta didik SMA kelas X pada pembelajaran teks debat. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang terdiri atas 10 tahapan yaitu, analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba terbatas, tahap uji coba skala luas, tahap uji efektivitas produk, diseminasi. Uji coba produk dilaksanakan di SMA Al Kautsar Bandar Lampung, SMAN 5 Bandar Lampung dan SMA Quran Darul Fattah tahun ajaran 2024-2025. Uji efektivitas produk dilakukan di kelas X.1 SMA Al Kautsar Bandar Lampung, Kelas X.F SMA Quran Darul Fattah, dan kelas X.E.10 SMAN 5 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket uji kelayakan dengan jumlah responden sebanyak 99 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat argumentasi dengan struktur AREL (Assertion, Reason, Evidence, Link Back) yang disampaikan secara langsung oleh seluruh pendebat dari masing-masing tim. Hasil penelitian tersebut dijadikan sebagai bahan untuk pengembangan pembuatan modul pembelajaran digital teks debat. Hasil pengembangan menunjukan (1) bahan ajar digital teks debat bagi peserta didik SMA kelas X berhasil dikembangkan dan sudah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi (2) bahan ajar digital dalam bentuk modul pembelajaran digital teks debat dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan presentase penilaian 86%, 96%, dan 94 % (3) berdasarkan pada uji efektivitas, modul pembelajaran digital teks debat mendapatkan indeks rata-rata N-gain sebesar 0,57 di kelas X.1, 0, 64 di kelas X.F, dan 0,57 di kelas X.E.10 sehingga termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, modul pembelajaran digital teks debat dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: argumentasi, debat, bahan ajar digital. The problem in this research is there are limited teaching materials used by educators, especially in learning debate texts, which causes low motivation and enthusiasm for students in the learning process. The aim of this research is to describe AREL's arguments in the Final of the Indonesian Law Debating Competition Prof. Jimly Asshiddiqie, M.H., produced a digital teaching material product based on the use of argumentation debate in Final Indonesian Law Debating Competition Prof Jimly Asshiddiqie, M.H., described the product feasibility test, and described the effectiveness of the product for class X high school students in learning debate texts. This research uses the research and development (R&D) method which consists of 10 stages, namely, potential and problem analysis; data collection; product design stage; design validation stage; design revision stage; limited trial stage; largescale trial stage; product effectiveness test stage; dissemination. Product trials were carried out at Al Kautsar High School Bandar Lampung, SMAN 5 Bandar Lampung, and SMA Quran Darul Fatah for the 2024-2025 academic year. The product effectiveness test was carried out in classes X.1 SMA Al Kautsar Lampung, X.F SMA Quran Darul Fattah, and X.E.10 SMAN 5 Bandar Lampung. Data collection techniques were carried out using interview observations and feasibility test questionnaires with a total of 99 students as respondents. The research results showed that there are arguments with the AREL structure (Assertion, Reason, Evidence, Link Back) which were delivered directly by all debaters from each team. The results of this research were ultimately used as material for the development of digital learning modules for debate texts. The results of the development show (1) digital teaching materials for debate texts for class , media experts, and practitioners with assessment percentages of 86%, 96%, and 94% (3) based on effectiveness tests, the digital text debate learning module got an average N-gain index of 0.57 in class X1, 0.54 in class X2, and 0.57 in class X.E.10 so it is included in the medium category. So, the debate text digital learning module was declared effective for use in learning. Keywords: argumentation, debate, digital teaching materials.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 2308169448 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 08:28 |
Terakhir diubah: | 08 Apr 2025 08:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85866 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |