UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS II SEMESTER GENAP 2010 / 2011 SD NEGRI 01 WAY LUNIK KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG

, YUSNIAR (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS II SEMESTER GENAP 2010 / 2011 SD NEGRI 01 WAY LUNIK KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Abstraknya.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar persetujuan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isinya.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (212Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (409Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (2279Kb)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada kelas II SD Negeri 01 Way Lunik Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung didapat bahwa secara umum siswa masih mengalami kedulitan dalam memahami konsep matematika disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru didominasi dengan metode ceramah. Selain itu, dalam penyampaian pembelajaran matematika juga masih terpisah-pisah dengan mata pelajaran yang lain. Sehingga pemahaman siswa tentang pembelajaran matematika menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika mengunakan model pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek Tindakan Penelitian ini adalah siswa kelas II semester genap tahun ajaran 2010-2011 sebanyak 25 siswa di SD Negeri 01 Way Lunik Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Indikator keberhasilan apabila siswa telah mencapai nilai rata-rata kelas minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 58,60, rata-rata siklus II yaitu 66,00, dan rata-rata siklus III yaitu 75,20. Aktivitas siswa pun mengalami peningkatan dari siklus I, siklus ke II, dan siklus ke III. Dengan demikian maka pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa di kelas II SD Negeri 01 Way Lunik Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung, khususnya pada mata pelajaran matematika. Oleh sebab itu pembelajaran di kelas rendah, hendaknya guru menggunakan model tematik lebih interaktif dalam mempermudah siswa memahami berbagi konsep, termasuk konsep bilangan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Pembelajaran Tematik

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 30 Jan 2014 08:06
Last Modified: 30 Jan 2014 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item