HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA

NOVITA, SARI (2024) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1330Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1240Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kesiapan belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kesiapan belajar, efikasi diri terhadap kesiapan belajar, motivasi belajar dan efikasi diri bersama-sama dengan kesiapan belajar.Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto korelasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 orang peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu 63 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kesiapan belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tulang Bawang Tengah dengan kriteria “kuat”, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kesiapan belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tulang Bawang Tengah dengan kriteria “kuat”, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri terhadap kesiapan belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tulang Bawang Tengah dengan kriteria “kuat”. The problem in this study is the low learning readiness of grade V students of SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara, Tulang Bawang Tengah District. This study aims to determine the positive and significant relationship between learning motivation and learning readiness, self-efficacy and learning readiness, learning motivation and self-efficacy together with learning readiness. The research method is ex-post facto correlation The type of research is quantitative research. The population in this study amounted to 170 students and the sample used was 63 students. The data collection instrument was a questionnaire with a Likert scale that had been tested for validity and reliability. The results of the study showed that there was a positive and significant relationship between learning motivation and learning readiness of grade V students of SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara, Tulang Bawang Tengah District with the criteria of "strong", there was a positive and significant relationship between self-efficacy and learning readiness of grade V students of SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara, Tulang Bawang Tengah District with the criteria of "strong", and there was a positive and significant relationship between learning motivation and self-efficacy towards learning readiness of grade V students of SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara, Tulang Bawang Tengah District with the criteria of "strong",

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308426132 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2025 02:59
Terakhir diubah: 11 Apr 2025 02:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85931

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir