AYU , SETIAWATI (2025) PENERAPAN P5 PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3768Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1202Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang bertujuan mengembangkan karakter melalui konsep Profil Pelajar Pancasila (P5). Profil Pelajar Pancasila memiliki enam dimensi karakter yaitu Dimensi Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Dimensi Berkhebinekaan Global, Dimensi Bergotong Royong, Dimensi Mandiri, Dimensi Bernalar Kritis, Dimensi Kreatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan P5 padas pelaksanaan pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan P5 pada pelaksanaan pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini membahas penerapan (P5) pada pembelajaran sejarah dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Purbolinggo, Lampung Timur, tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan P5 dalam penyusunan modul ajar telah berjalan cukup baik dengan skor tertinggi pada Dimensi Bernalar Kritis (16,8) dan Dimensi Kreatif (16,2), keduanya dengan kategori baik. Selain itu, Dimensi Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Bergotong Royong juga mencapai hasil yang baik dengan masing-masing skor (13,6) dan (14,4). Namun, Dimensi Berkebinekaan Global (12,8) dan Dimensi Mandiri (10,8) hanya mencapai kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa guru telah memahami konsep dan tujuan dari P5 serta mampu mempraktikkannya dalam perencanaan pembelajaran Sejarah. Guru Sejarah di SMAN 1 Purbolinggo telah mengintegrasikan berbagai aspek Kurikulum Merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran, khususnya melalui penyusunan modul ajar yang mencakup Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), media pembelajaran, dan evaluasi. Penelitian ini juga berupaya mengidentifikasi kendala yang dihadapi serta solusi yang dapat diterapkan guna meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah yang selaras dengan tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Secara keseluruhan, penerapan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 2308770873 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 10:18 |
Terakhir diubah: | 11 Apr 2025 10:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85967 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |