ANALISIS YURIDIS PADA PERJANJIAN WARALABA INDOMARET (Studi pada Indomaret Emir M Noor)

0642011089, Ayu Ziliza Hiknarosa (2010) ANALISIS YURIDIS PADA PERJANJIAN WARALABA INDOMARET (Studi pada Indomaret Emir M Noor). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dan daftar isi.pdf

Download (53Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Salah satu bidang usaha yang diminati dewasa ini adalah franchise atau waralaba. Waralaba merupakan usaha terhadap suatu sistem bisnis dengan ciri khas khusus dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba. Salah satu contoh usaha waralaba adalah usaha waralaba Minimarket Indomaret yang bergerak dibidang usaha makanan dan minuman yang dikemas secara modern, usaha ini merupakan salah satu usaha yang mulai diminati oleh para pelaku usaha karena memiliki satu ciri khusus serta sistem manajemen yang berbeda serta sudah memiliki merek ternama yang banyak dikenal masyarakat. Permasalahan penelitian ini adalah seperti apa isi dari perjanjian waralaba itu, khususnya mengenai syarat dan prosedur perjanjian waralaba, hak dan kewajiban para pihak, faktor penyebab terjadinya wanprestasi dan akibat hukumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara lengkap, jelas dan sistematis mengenai syarat dan prosedur sebelum membuat perjanjian waralaba, hak dan kewajiban para pihak, faktor penyebab terjadinya wanprestasi dan akibat hukumnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif terapan dengan tipe penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bersifat pemaparan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran dan penjelasan secara khusus mengenai proses terjadinya perjanjian waralaba, kedudukan para pihak, faktor yang mempengaruhi apabila terjadi wanprestasi dan akibat hukumnya apabula terjadi wanprestasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa syarat dan prosedur dari perjanjian waralaba Indomaret Emir M Noor adalah franchisor wajib memberitahukan prospektus penawaran dan syarat kepada franchisee, menyampaikan keterangan lain seperti identitas franchisor kegiatan usaha, Hak kekayaan intelektual, dan fasilitas yang akan diberikan kepada franchisee dan adanya komitmen antara franchisee kepada franchisor terhadap usaha minimarket Indomaret. Ayu Ziliza Hiknarosa Hak dan kewajiban para pihak yang diatur dalam Perjanjian Waralaba Indomaret ialah dalam hal manajemen operasional, kegiatan usaha, laporan usaha dan keuangan, dan melakukan prospektus penawaran terhadap franchisee. Hak para pihak yang diatur dalam perjanjian ialah mengenai pengalihan hak, royalty fee, serta penggunaan merk, sistem dan pelaksanaan Indomaret dan fasilitas yang akan digunakan. Faktor yang mempengaruhi terjadi wanprestasi adalah kehilangan atau kerusakan barang dagangan saat pengiriman hanya dapat diklaim ke Pihak Pertama, apabila terjadi bencana alam atau kejadian huru-hara yang tidak diduga akan ditanggung oleh para pihak tetapi pada perjanjian waralaba Indomaret Emir M Noor ini tidak terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh salah satu pihak. Akibat terjadinya wanprestasi tersebut pihak yang melakukan wanprestasi menanggung risiko dan ganti rugi Kata Kunci : Perjanjian, Waralaba

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Prodi Ilmu Hukum S1
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 21 Apr 2015 07:52
Last Modified: 21 Oct 2015 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8597

Actions (login required)

View Item View Item