IMPLEMENTASI MODEL PBL TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN

ROSA , LINDA (2025) IMPLEMENTASI MODEL PBL TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTARCT.pdf

Download (340Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1852Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1673Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan pendekatan STEM serta strategi Engineering Design Process (EDP) dalam mengembangkan kemampuan berpikir sistem peserta didik tingkat SMA pada materi energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Menggala dengan menggunakan metode eksperimen yang menerapkan desain pretest dan posttest dengan kelompok kontrol yang tidak setara (non-equivalent control group design). Instrumen penelitian berupa tes uraian digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan berpikir sistem peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model PBL berbasis STEM-EDP mampu meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik secara signifikan. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor pretest sebesar 38,5 menjadi 76,6 pada posttest setelah intervensi pembelajaran dilakukan. Selain itu, analisis perbedaan rata-rata N-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menerapkan PBL terintegrasi STEM-EDP memperoleh skor Ngain sebesar 0,60 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional hanya mencapai N-gain sebesar 0,41 (kategori rendah). Lebih lanjut, hasil uji statistik menggunakan Independent Sample T-test dan ANCOVA menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model PBL berbasis STEM-EDP memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik SMA, khususnya pada pembelajaran materi energi terbarukan. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Sistem, PBL, STEM-EDP

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308730754 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:34
Terakhir diubah: 14 Apr 2025 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85977

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir