WAYAN , TIADILONA (2025) DISKRIMINASI TOKOH PEREMPUAN PADA NOVEL NYUTRAYU KARYA JOKO GESANG SANTOSO DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk diskriminasi tokoh perempuan pada novel Nyutrayu karya Joko Gesang Santoso dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan diskriminasi tokoh perempuan berupa marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan (violence), dan beban kerja ganda pada novel Nyutrayu karya Joko Gesang Santoso. Kemudian mendeskripsikan penelitian pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian berupa kutipan dalam novel yang terdapat diskriminasi tokoh perempuan. Sumber data penelitian adalah novel Nyutrayu karya Joko Gesang Santoso cetakan pertama tahun 2022 dengan jumlah halaman 199. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah, yaitu membaca, mengidentifikasi, mencatat, dan menandai. Setelah data dikumpulkan, dicatat, dan ditandai, peneliti melakukan analisis dengan teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil analisis ditemukan data diskriminasi tokoh perempuan pada novel dengan 30 data meliputi marginalisasi 5 data, subordinasi 4 data, stereotipe 3 data, kekerasan 17, beban kerja ganda 1 data. Diskriminasi yang mendominasi dalam penelitian ini adalah kekerasan. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII Fase F pada materi Menyampaikan Opini Tentang Perundungan dengan pembentukan karakter melalui dimensi Profil Pelajar Pancasila dapat dijadikan panduan merancang pembelajaran teks naratif. Kata kunci: diskriminasi, novel, kekerasan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 2308638495 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 02:41 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2025 02:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85978 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |