EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024)

NABELA, HAIRUNISA (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-1 - Nabela Hairunisa.pdf

Download (337Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi tanpa lampiran - Nabela Hairunisa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Nabela Hairunisa.pdf

Download (3876Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dalam bidang matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandarlampung tahun ajaran 2023/2024. Siswa terdistribusi dalam 9 kelas yaitu VIII-A sampai VIII-I. Sampel dalam penelitian dipilih dengan menggunakan Teknik cluster random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII-F dan VIII-G. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Desain dengan teknik tes yang digunakan berupa tes tertulis. Berdasarkan uji Mann Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti Creative Problem Solving sama dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dari hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis terkategori baik dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi daripada proporsi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis terkategori baik dalam pembelajaran matematika dengan model konvensial. Kata kunci: efektivitas, kemampuan berpikir kritis matematis, model pembelajaran Creative Problem Solving

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 11 Apr 2025 09:09
Terakhir diubah: 11 Apr 2025 09:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85979

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir