PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS ETNO-SiMaYang KAIN TAPIS LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

LOLY, SUWANDANI (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS ETNO-SiMaYang KAIN TAPIS LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_LOLY SUWANDANI - Loly Suwandani.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL_LOLY SUWANDANI - Loly Suwandani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN_LOLY SUWANDANI - Loly Suwandani.pdf

Download (2183Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari produk e-LKPD berbasis etno-SiMaYang kain tapis lampung untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII di SMPN 1 Way Jepara tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling sehingga didapatkan kelas VII. 2 sebagai kelas kontrol dan VII.1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik, angket validasi ahli, angket tanggapan pendidik dan peserta didik, soal pretest-postest, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji-t terhadap nilai n-Gain peserta didik dan uji one way anova. Data keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah diolah menggunakan software Microsoft Office Excel 2019 dan dianalisis menggunakan software SPSS versi 25.0 for Windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil validasi ahli kesesuaian konstruksi, kesesuaian isi, dan keterbacaan memperoleh persentase nilai sebesar 85,00% yang menunjukan bahwa produk e-LKPD valid dengan kriteria “sangat tinggi”. Rata-rata persentase tanggapan guru dan peserta didik sebesar 99,00% dan 97,10% yang menunjukan bahwasanya produk e-LKPD praktis dengan kriteria “sangat tinggi”. Keefektifan produk e-LKPD dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dilihat dari rata-rata n-Gain peserta didik yang sebesar 0,71 dan 0,72 dengan kategori “besar” dengan kriteria effect size berkategori “besar” dan e-LKPD yang dikembangkan dapat mereduksi potensi perbedaan kemampuan awal yang ditunjukan dengan tidak adanya perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada kelompok kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Kata kunci : kain tapis lampung, etno-SiMaYang, keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 11 Apr 2025 09:18
Terakhir diubah: 11 Apr 2025 09:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85980

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir