PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

NISA, NURMALA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK NISA NURMALA - Nisa Nrml_.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI NISA NURMALA - Nisa Nrml_.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN NISA NURMALA - Nisa Nrml_.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan software geogebra dalam model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Pesawaran tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam tujuh kelas yaitu kelas VIII-A sampai VIII-G. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa data gain pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti penggunaan software geogebra dalam model pembelajaran guided inquiry lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran guided inquiry tanpa software geogebra. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan penggunaan software geogebra dalam model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : guided inquiry kemampuan pemahaman konsep matematis, pengaruh, software geogebra

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 11 Apr 2025 09:44
Terakhir diubah: 11 Apr 2025 09:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85989

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir