FIRDA, DAMAYANTI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MAZE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (284Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1633Kb) |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1566Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman konsep bilangan anak usia 4-5 tahun belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan maze angka terhadap kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun di TK Hutama Karya dan PAUD Harapan Bangsa berjumlah 57 anak. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 39 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan maze angka terhadap kemampuan pemahaman konsep bilangan yang dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T-Test mendapat nilai 0,000<0,005. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen 0,3426 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,0636 dengan kategori rendah. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep bilangan anak yang menggunakan maze angka dengan kemampuan pemahaman konsep bilangan anak yang tidak menggunakan maze angka, sehingga Hₐ diterima. The problem in this study was the ability to understand number concepts in children aged 4-5 years has not developed optimally. This study aims to determine the effect of using a number maze on the ability to understand number concepts in children aged 4-5 years. This research using a type of quantitative research with a pseudo-experimental method. The population in this study was children aged 4-5 years at Hutama Karya Kindergarten and Harapan Bangsa PAUD, totaling 57 children. The sample in this study was taken through a purposive sampling technique with a total of 39 children. Data collection techniques using observation. The results of this study indicate that there is an effect of using number maze on the ability to understand number concepts, as evidenced by the results of the Independent Sample T-Test test getting a value of 0.000 < 0.005. N-Gain test results of experimental class 0.3426 with moderate category and control class 0.0636 with low category. This proves that there is a difference in the ability to understand the concept of the number of children who use the number maze with the ability to understand the concept of the number of children who do not use the number maze, so Hₐ is accepted.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini |
Pengguna Deposit: | 2308585645 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 08:02 |
Terakhir diubah: | 15 Apr 2025 08:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86017 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |