PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU TAHUN 2024

SEFIA , APRIYANI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU TAHUN 2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan inovasi dalam pendidikan menjadi semakin penting, khususnya dalam memperkenalkan konsep-konsep abstrak dan kompleks, seperti yang ditemukan dalam pembelajaran geografi. Namun, keterbatasan media pembelajaran konvensional terkadang membuat peserta didik sulit untuk memahami proses yang abstrak seperti siklus hidrologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran geografi interaktif berbasis Augmented Reality (AR) pada materi siklus hidrologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Ratu. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi media pembelajaran dilakukan oleh beberapa ahli, dengan hasil validasi ahli media sebesar 82,5% (baik/layak), ahli materi 78,2% (baik/layak), ahli bahasa 84,6% (baik/layak), dan praktisi 95,5% (sangat baik/layak). Selain itu, validasi pengguna (peserta didik) menunjukkan hasil 91,5%, yang juga berada pada kualifikasi sangat baik. Pengujian efektivitas media ini dilakukan dengan metode pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) < α (0,05), yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis AR ini. Media pembelajaran ini tidak hanya dinilai layak oleh para ahli dan peserta didik tetapi juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siklus hidrologi. Hasil ini menunjukkan bahwa media AR dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran geografi yang interaktif dan mendalam. Kata kunci: augmented reality (AR), hasil belajar, media interaktif, siklus hidrologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2308067354 . Digilib
Date Deposited: 16 Apr 2025 04:29
Terakhir diubah: 16 Apr 2025 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86046

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir