ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERUBAHAN DAYA LISTRIK SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DI PT. PLN (PERSERO) ULP SUKADANA

ILHAM, ARDIANSYAH (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERUBAHAN DAYA LISTRIK SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DI PT. PLN (PERSERO) ULP SUKADANA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Ilham Ardiansyah - Ilham Ardiansyah.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Skripsi (Tanpa Lampiran)_Ilham Ardiansyah - Ilham Ardiansyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3031Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan dan Lampiran_Ilham Ardiansyah - Ilham Ardiansyah.pdf

Download (2194Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pelayanan perubahan daya listrik merupakan bagian integral dari layanan yang disediakan oleh PT. PLN (Persero) ULP Sukadana. Perubahan daya listrik diperlukan ketika pelanggan membutuhkan penyesuaian kapasitas daya yang dialirkan ke lokasi mereka, baik untuk keperluan rumah tangga maupun komersial. Permintaan ini dapat dipicu oleh peningkatan penggunaan peralatan listrik atau kebutuhan akan daya yang lebih besar. Penelitian ini membahas tentang pelayanan pelanggan perubahan daya listrik yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) ULP Sukadana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ketercapaian kualitas pelayanan perubahan daya listrik sebagai upaya optimalisasi pelayanan publik ULP Sukadana, dan mengidentifikasi faktor penghambat atau kendalanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang dikaji menggunakan indikator teori Parasuraman, Berry, Zeithaml dalam Sulistiyowati (2018). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa indikator reliability, responsiveness, assurance, dan empathy sudah baik, namun terdapat indikator yang belum terpenuhi pada indikator tangible. Adapun faktor penghambat pelaksanaan layanan secara internal yakni kekurangan material dan kurangnya sosialisasi penggunaan PLN Mobile sedangkan secara eksternal yakni berasal dari pelanggan perubahan daya dengan permasalahan berkas yang tidak lengkap, ketidaksesuaian alamat dan hambatan komunikasi, serta terkait keberadaan calo listrik. Kata Kunci: Kualitas Pelayan Publik, Perubahan Daya Listrik, ULP Sukadana. Electrical power change services are an integral part of the services provided by PT. PLN (Persero) ULP Sukadana. Changes in electrical power are required when customers need to adjust the power capacity supplied to their location, both for household and commercial purposes. This demand may be driven by increased use of electrical equipment or the need for greater power. This research discusses customer service for changing electrical power provided by PT. PLN (Persero) ULP Sukadana. The aim of this research is to analyze the achievement of the quality of electrical power change services as an effort to optimize ULP Sukadana public services, and identify inhibiting factors or obstacles. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type which is studied using the theoretical indicators of Parasuraman, Berry, Zeithaml in Sulistiyowati (2018). The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Based on the research results obtained, it shows that the indicators of reliability, responsiveness, assurance and empathy are good, but there are indicators that have not been fulfilled in the tangible indicators. The factors inhibiting the implementation of services internally are material shortages and lack of socialization on the use of PLN Mobile, while externally they come from customers changing power with problems with incomplete files, address discrepancies and communication barriers, as well as related to the existence of electricity brokers. Keywords: Quality of Public Services, Changes in Electrical Power, ULP Sukadana.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:16
Terakhir diubah: 15 Apr 2025 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86064

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir