PENGARUH PENERAPAN LKPD CANVA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Fajrin, Hana Hamidah (2025) PENGARUH PENERAPAN LKPD CANVA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Fajrin Hana Hamidah_2013053016.pdf

Download (737Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Fajrin Hana Hamidah_2013053016.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1910Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan Fajrin Hana Hamidah_2013053016.pdf

Download (1480Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah Penerapan LKPD canva berbasis model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 4 Tumijajar, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penerapan LKPD canva berbasis model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS peserta didik di kelas IV SD Negeri 4 Tumijajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu (quasi eksperiment) design jenis nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tumijajar yang berjumlah 45 orang dengan melibatkan 45 orang peserta didik ini juga yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes berupa nilai kognitif dan teknik non test berupa observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan LKPD canva berbasis model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 4 Tumijajar ditunjukan dengan hasil perhitungan regresi linier sederhana dengan Fhitung = 4,82 ≥ Ftabel = 4,35 presentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 84% yang artinya berada pada taraf kuat. Kata Kunci: Canva, Problem Based Learning, Berpikir Kritis. The problem in this research is the Canva LKPD based on the Problem Based Learning model on critical thinking skills in science subjects at SD Negeri 4 Tumijajar. The aim of this research is to describe and analyze the influence of the Canva LKPD based on the Problem Based Learning (PBL) model on the critical thinking skills of the subjects. Science and Technology students in class IV of SD Negeri 4 Tumijajar. The research method used is a quantitative method using a quasi-experimental nonequivalent control group design. The population in this study was 45 grade IV students at SD Negeri 4 Tumijajar, involving 45 of these students who were also used as research samples. The data collection technique uses test techniques in the form of cognitive scores and non-test techniques in the form of observation and documentation. The results of the analysis show that there is an influence of the Canva LKPD based on the Problem Based Learning model on the critical thinking skills in science and science subjects of class IV students at SD Negeri 4 Tumijajar as shown by the results of simple linear regression calculations with Fcount = 4.82 ≥ Ftable = 4.35 percentage of completeness the experimental class is higher, namely 84%, which means it is at a strong level. Keywords: Canva, Problem Based Learning, Critical Thinking.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308383146 . Digilib
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:38
Terakhir diubah: 16 Apr 2025 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86069

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir