LEOVI , PERMATA AYIDA (2025) IMPLEMENTASI MODEL 5E TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTARCT.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3675Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1626Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Peningkatan kemampuan Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran fisika masih perlu untuk ditingkatkan guna mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari implementasi model 5E terintegrasi STEM-EDP terhadap kemampuan CPS peserta didik SMA pada topik Energi Terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Global Surya dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian. Pembelajaran menggunakan model 5E terintegrasi STEM-EDP efektif dalam meningkatkan kemampuan CPS peserta didik. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,56 lebih besar daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,39. Selain itu, hal tersebut juga didukung dengan data hasil uji Independent Sample T-Test dan uji Paired Sample T-Test yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hal tersebut juga diperkuat dengan uji ANCOVA dengan perolehan nilai Sig.0,00 < 0,05. Keefektifan implementasi model 5E terintegrasi STEM-EDP terhadap kemampuan CPS peserta didik SMA pada topik Energi Terbarukan termasuk dalam kategori besar yang ditunjukkan dengan hasil uji Effect Size dengan nilai Partial Eta Squarred (
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2308525881 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:18 |
Terakhir diubah: | 16 Apr 2025 07:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86079 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |