USWATUN, USWATUN (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN SPATIAL BASED LEARNING (SBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X MA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Uswatun Hasanah.pdf Download (231Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Uswatun Hasanah.pdf Restricted to Hanya staf Download (1198Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Uswatun Hasanah.pdf Download (1117Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran Spatial Based Learning (SBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi dasar-dasar pemetaan kelas X MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan Kemudian untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah setelah menggunakan model pembelajaran spatial based learning (SBL) pada materi dasar-dasar pemetaan kelas X MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasy experiment dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrument pre test dan Post Test untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran Geografi, selanjutnya data di analisa menggunakan uji hipotesis untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Peneliti telah menemukan jawaban dari rumusan masalah yang disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Spatial Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dengan didukung oleh hasil uji t melalui Sig terlihat jumlah skor valid signitikan terkait Sig. (ρvalue) = 0.002 < α = 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Spatial Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X MA.Sedangkan penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum diberikan tindakan berada pada kategori sedang dengan frekuensi 60% sebelum tindakan dan meningkat di 54% pada kategori sangat tinggi untuk kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci: Spatial Based Learning, kemampuan pemecahan masalah The aim of this research is to determine the effect of using Spatial Based Learning (SBL) on problem solving abilities in the basics of mapping material for class SBL) in material on the basics of mapping for class X MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung South Lampung. This research uses a quasy experiment research method with a quantitative approach. In collecting data, researchers used pre-test and post-test instruments to determine students' problem-solving abilities in Geography learning, then the data was analyzed using hypothesis testing to answer the research problem formulation. Researchers have found an answer to the problem formulation which concluded that there is an influence of the use of the spatial based learning model on critical thinking skills, supported by the results of the t test via Sig, showing a significant number of valid scores related to Sig. (ρvalue) = 0.002 < α = 0.05. So it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected. So it can be concluded that there is an influence of the use of the spatial based learning model on the problem solving abilities of class with a frequency of 60% before action and increasing at 54% in the very high category for problem solving ability. Keywords: spatial based learning, problem solving ability
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 09:21 |
Terakhir diubah: | 15 Apr 2025 09:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86081 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |