MUHAMMAD RAIHAN, ALFARIDHO (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TOPIK PENGUKURAN LUAS KELAS IV SD NEGERI 11 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - m raihan alfaridho.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI BAB 1 - 5 - m raihan alfaridho.pdf Restricted to Hanya staf Download (1365Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI tanpa BAB 4 - m raihan alfaridho.pdf Download (1251Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SD Negeri 11 Kecamatan Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar Matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk desainnya yakni non-equivalent control group. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 orang peserta didik. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes dan nontes berupa observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar Matematika yang dibuktikan dengan diperolehnya hasil thitung > ttabel yaitu 10,331 > 1,701 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci: hasil belajar, matematika, model CTL The problem in this study was the low mathematics learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri 11, Central Metro District. The purpose of this study was to determine the effect of using the contextual teaching and learning model on Mathematics learning outcomes. This type of research is quasi experimental with the design form which is non-equivalent control group. The population in this study amounted to 60 students. The sample was determined by a saturated sampling technique, which is a sampling technique when all members of the population are used as samples. The data collection techniques of this study were test and non-test techniques in the form of observation. The results showed that there was an influence on the use of contextual teaching and learning models on Mathematics learning outcomes as evidenced by the results obtained tcount> ttable, namely 10.331> 1.701 with a significance value of 0.000 <0.05. Keywords: CTL model, learning results, mathematics
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 09:30 |
Terakhir diubah: | 15 Apr 2025 09:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86085 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |