Putri , Widiyani (2025) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS WIBU DALAM MENGHADAPI STIGMA DI MASYARAKAT (Studi Pada Akai Itera). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (238Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2961Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2233Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Akai Itera merupakan komunitas yang mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam kebudayaan Jepang melalui kegiatan edukatif dan kreatif. Namun, stigma negatif terhadap komunitas wibu masih ada di masyarakat, sehingga diperlukan strategi komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi Akai Itera dalam menghadapi stigma tersebut. Dengan pendekatan kualitatif dan Teori Komunikasi Persuasif dari Robert B. Cialdini, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Akai Itera mencakup empat tahap utama, yaitu mengenal khalayak, menentukan pesan, metode kolaboratif, dan seleksi media. Selain itu, prinsip-prinsip Teori Komunikasi Persuasif dari Robert B. Cialdini, seperti Reciprocity, Commitment and Consistency, Social Proof, Liking, Authority, dan Scarcity, berkontribusi dalam mengurangi stigma, membangun citra positif, serta meningkatkan jumlah anggota dan penerimaan masyarakat terhadap komunitas ini. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Stigma, Komunitas Wibu, Teori Komunikasi Persuasif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2308880233 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:20 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 06:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86141 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |