RIDHA RIZKYKA, AZAMMI (2024) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI 2 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Ridha Rizkyka Azammi.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Ridha Rizkyka Azammi.pdf Restricted to Hanya staf Download (2535Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI 1,2,3,5 - Ridha Rizkyka Azammi.pdf Download (1666Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru kelas di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di SD Negeri 2 Metro Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas I A, I B, IV B, dan V B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas I A, I B, IV B, dan V B sudah memiliki kompetensi pedagogik sebagai pendidik di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif: 1) Guru kelas I A, I B, IV B, dan V B telah menerapkan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik PDBK yang ada di kelasnya. Pada kegiatan pembelajaran guru kelas IA, IVB, dan VB menggunakan metode pembelajaran kooperatif yang berdferensiasi. Namun keempat pendidik belum melakukan pengembangan kurikulum dalam pembelajarannya. Keempat pendidik sudah menentukan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan dari PDBK. 2) Guru kelas I A dan I B belum memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatam pembelajaran. Sedangkan guru kelas IV B dan V B sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Guru kelas IVB dan VB menggunakan TIK dalam pembelajarannya sebagai media pembelajaran dengan memanfaatkan internet dan platform Youtube. 3) Guru kelas I A, I B, IV B, dan V B telah melakukan penyelenggaraan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan prinsip-prinsip penilaian sesuai dengan karakteristik peserta didik, menentukan aspek-aspek penilaian, mengembangkan instrumen penilaian, mengadministrasikan hasil pembelajaran, serta melakukan evaluasi hasil dan proses pembelajaran. Kata kunci: kompetensi pedagogik, pendidikan inklusif This research aims to determine the pedagogical competence of class teachers in schools providing inclusive education at SD Negeri 2 Metro Selatan. This research method uses a qualitative approach presented in descriptive form. Data collection techniques use interview, observation and documentation techniques. The subjects in this research are teachers of classes I A, I B, IV B, and V B. The results of this research show that teachers of classes I A, I B, IV B, and V B already have pedagogical competence as educators in schools providing inclusive education: 1) Class teachers I A, I B, IV B, and V B have applied learning theories and principles that are in accordance with the characteristics of the PDBK in their class. In learning activities, class IA, IVB and VB teachers use differentiated cooperative learning methods. However, the four educators have not carried out curriculum development in their learning. The four educators have determined learning objectives that are appropriate to the conditions and abilities of the PDBK. 2) Class I A and I B teachers have not utilized information and communication technology in learning activities. Meanwhile, class IV B and V B teachers have utilized information and communication technology in learning. Class IVB and VB teachers use ICT in their lessons as a learning medium by utilizing the internet and the YouTube platform. 3) Class I A, I B, IV B, and V B teachers have carried out assessment and evaluation of learning using assessment principles in accordance with student characteristics, determining assessment aspects, developing assessment instruments, administering learning outcomes, and evaluating results. and learning process. Keywords: inclusive education, pedagogical competence.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 04:29 |
Terakhir diubah: | 16 Apr 2025 04:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86142 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |