NERIZA FAUZIAH, ERVIANA (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (207Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1123Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1271Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan komunikasi matematis merupakan komponen dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting dalam pembelajaran abad 21 yang mendukung pemecahan masalah matematika yang kompleks. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran guided inquiry terintegrasi STEM terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) terintegrasi kuantitatif dan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas 8 SMPN 26 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu kelas 8.1 dengan 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan 8.2 dengan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan uji Mann-Whitney U, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran guided inquiry terintegrasi STEM lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pembelajaran guided inquiry terintegrasi STEM dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2308711066 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:27 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 06:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86152 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |