PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN DENGAN BERBASIS SSI TERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DAN ENTREPRENEURIAL SKILLS

SRI, RAHAYU (2025) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN DENGAN BERBASIS SSI TERINTEGRASI PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DAN ENTREPRENEURIAL SKILLS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2158Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas program pembelajaran berbasis SSI terintegrasi PjBL-STEM untuk meningkatkan collaborative problem solving dan entrepreneurial skill peserta didik pada topik energi terbarukan. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada metode campuran dengan desain sequential Embedded. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta analisis statistik untuk efektivitas. Hasil analisis data menunjukkan program pembelajaran berbasis SSI terintegrasi PjBL-STEM valid untuk meningkatkan keterampilan collaborative problem solving dan entrepreneurial skill peserta didik pada topik energi terbarukan. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu peserta didik pada topik energi terbarukan dengan bobot persentase 95,0% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan program pembelajaran memperoleh bobot persentase 90,3% dengan kriteria sangat praktis, dan efektivitas memperoleh N-Gain 0,56 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Program pembelajaran berbasis SSI terintegrasi PjBLSTEM dinyatakan valid, yang menjadikan guru lebih terarah dalam melaksanakan pembelajaran dan dapat menjadikan waktu pelaksanaan lebih efisien. Selain itu, terdapat bahan ajar (LKPD dan e-Handout) telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik; 2) kepraktisan program pembelajaran berbasis SSI terintegrasi PjBL-STEM terkategori sangat praktis. Kata Kunci: Collaborative Problem Solving, Entrepreneurial Skill, PjBL-STEM, Program Pembelajaran, SSI.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308429161 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:22
Terakhir diubah: 17 Apr 2025 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86155

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir