PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS STEM-EDP PADA TOPIK ALTERNATIVE ENERGY UNTUK MELATIH SYSTEM THINKING SKILLS DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

ALYANA, ATINA (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS STEM-EDP PADA TOPIK ALTERNATIVE ENERGY UNTUK MELATIH SYSTEM THINKING SKILLS DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTARCT.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3467Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis STEM-EDP untuk melatih System Thinking Skills dan Creative Problem Solving dengan mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan efektifitas e-LKPD. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangakan oleh Branch (2009). Subjek pada penelitian adalah 25 guru sekolah yang berbeda-beda di Bandar Lampung. Subjek pada tahap develop adalah e-LKPD bebasis STEM-EDP, dan subjek pada tahap Implementation yaitu siswa kelas X-1 SMAN 12 Bandar Lampung sebanyak 34 siswa dan 1 guru data dikumpulkan melalui angket, kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deksriptif. Pada tahap development teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas untuk menganalisis kevalidan dari instrumen soal tes system thinking skills dan creative problem solving. Kemudian, pada tahap implementasi, data hasil pretest/postest siswa dianalisis dengan menghitung n-gain dan effect size dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Produk ini dinyatakan valid bedasarkan hasil validasi ahli, baik dari aspek kesesuaian isi dan aspek kesesuaian konstruksi diperoleh 85,8% kriteria sangat valid. Produk ini dinyatakan praktis untuk digunakan di dalam pembelajaran bedasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD yang dikembangkan dan dari respon siswa diperoleh 91,7% kriteria sangat valid. Produk ini dinyatakan efektif dilihat dari perolehan rata-rata n-gain kelas eksperimen system thinking skills 0,7 dan creative problem solving 0,6 dan effect size yang berkategori tinggi 0,55, serta mengalami peningkatan yang signifikan di semua indikator system thinking skills dan creative problem solving. Kata Kunci : STEM-EDP, PjBL-STEM, System Thingking Skills, Creative Problem Solving, Alternative Energy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308692018 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:40
Terakhir diubah: 17 Apr 2025 06:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86160

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir