IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEMi BERBASISi EDUCATIONi FORi SUSTAINABLEi DEVELOPMENTi PADAi TOPIKi ENERGIi UNTUKi MENINGKATKAN BERPIKIR SISTEM

INA , FITRIYANI (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEMi BERBASISi EDUCATIONi FORi SUSTAINABLEi DEVELOPMENTi PADAi TOPIKi ENERGIi UNTUKi MENINGKATKAN BERPIKIR SISTEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (239Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2875Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2483Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran STEM berbasis ESD dalam melatih keterampilan berpikir sistem siswa, dengan mempertimbangkan kemampuan awal mereka. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa dari kelas X dengan kelas sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X.3 dengan melibatkan siswa SMA N 1 Sukadana sebagai sampel yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental dan desain one-group pretest-posttest. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji normalitas, perhitungan n-gain, uji t berpasangan (paired sample t-test), serta analisis effect size menggunakan rumus Cohen’s. Hasil analisis memperlihatkan bahwa data rerata hasil N-Gain yaitu dengan nilai 0,65 masuk ke dalam tingkat sedang, hasil pengujian normalitas memiliki nilai signifikasinya ≥ 0,05 dan data telah terdistribusi secara normal, Paired Sample T-Test memiliki nilai signifikasi sebesar 0,000 ≤ 0,05 maka terdapat perbedaan berpikir sistem siswa, hasil uji dari hasil besaran pengaruh (Effect Size) memiliki Cohen’s menunjukkan nilai sebesar 1,491 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Peningkatan tersebut muncul sebagai hasil dari proses pembelajaran yang berlangsung, siswa terlibat secara aktif dan termotivasi, sehingga mereka lebih memahami materi dengan lebih baik. Kata Kunci: STEM,i EducationiforiSustainableiDevelopmenti(ESD), Berpikirisistem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308958018 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:42
Terakhir diubah: 17 Apr 2025 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86173

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir