MUHAMMAD, CALAKDO ISLAMI (2025) E-SPORT SEBAGAI SARANA DIPLOMASI PUBLIK ARAB SAUDI MELALUI PROGRAM SAUDI VISION 2030. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3240Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2593Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
E-Sports merupakan olahraga baru yang telah berkembang di era globalisasi, selama 5 tahun terakhir terdapat 5 negara yang konsisten di peringkat teratas yang memanfaatkan E-Sport untuk meningkatkan perekonomian negara. Salah satu negara yang mulai mencoba memanfaatkan E-Sports sebagai diversifikasi perekonomian negaranya adalah Arab Saudi, yang berambisi menjadikan negaranya sebagai pusat global gaming dan E-Sports dengan didukung oleh program Saudi Vision 2030. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diplomasi publik yang dilakukan Arab Saudi dalam memanfaatkan E-Sport melalui program Saudi Vision 2030. Penelitian ini menggunakan teori diplomasi publik milik Mark Leonard yang mana memiliki tiga dimensi utama yaitu News Management, Strategic Communication dan Relationship Building. Konsep yang digunakan adalah konsep Esports milik Max Sjoblom. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari lamaan resmi, website berita dan jurnal jurnal terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan diplomasi publik yang dilakukan oleh Arab Saudi terkait E-Sports yang dilihat dari tiga dimensi diplomasi publik, pada dimensi News Management Arab Saudi telah melakukan berbagai upaya sebagaimana mereka merespons dengan cepat dan bijak dengan adanya isu Sportswashing, dengan berfokus untuk menciptakan keberhasilan acara acara besar terkait E-Sports di negaranya yang di dukung dengan media media baik itu milik pemerintah maupun swasta. Pada dimensi Strategic Communication Arab melakukan kampanye branding nasional dengan diciptakannya National Gaming and Esports Strategy untuk menjadikan negaranya pusat gaming dan E-Sports, yang kemudian didukung oleh dua program besar di Visi 2030 yaitu NEOM dan Qiddiya. Pada dimensi Relationship Building, Arab Saudi telah melakukan berbagai kerjasama dan kemitraan yang dilakukan mulai dari program akademi hingga kerjasama besar dengan IOC untuk menciptakan Esports Olympic pertama. Kata Kunci: Arab Saudi, Saudi Vision 2030, E-Sports, Diplomasi Publik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional |
Pengguna Deposit: | 2308805001 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:00 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 07:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86195 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |