SHOFI, ALMUTAQQOF (2025) PENGARUH GAME BASED LEARNING DALAM MODEL PBL PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP LITERASI SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2638Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2167Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Game Based Learning dalam model PBL terhadap peningkatan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Kalirejo, Lampung Tengah pada semester genap tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas VIII A dan VIII B. Metode yang digunakan adalah Quasi-Experimental Design dengan desain NonEquivalent Control Group Design, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur literasi sains yang berjumlah 10 butir soal dan motivasi belajar yang berjumlah 15 pertanyaan. Hasil penelitian ditinjau dari nilai rata-rata N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains dan motivasi belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai sig (2-tailed) pada literasi sains dan motivasi belajar sebesar sig < 0,05, artinya terdapat perbedaan peningkatan rata-rata literasi sains dan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji ANCOVA menunjukkan nilai sig. > 0,05 terhadap literasi sains dan motivasi belajar, sehingga terdapat efektifitas pada Game Based Learning dalam model PBL terhadap literasi sains dan motivasi belajar. Selain itu, perhitungan effect size menunjukkan nilai 2,26 untuk literasi sains dan 2,02 untuk motivasi belajar, yang keduanya lebih dari 0,8, dengan katagori tinggi, sehingga Game Based Learning dalam model PBL berpengaruh besar terhadap peningkatan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Game Based Learning; PBL; Literasi Sains; Motivasi Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2308227004 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:29 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 07:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86223 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |