DEVY, FEBIOLA (2025) CAMPUR KODE DALAM SINIAR HELMY YAHYA BICARA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menganalisis campur kode dalam siniar Helmy Yahya Bicara episode dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk campur kode serta faktor penyebab terjadinya campur kode pada siniar Helmy Yahya Bicara dan mendeskripsikan implikasi campur kode terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data dengan beberapa langkah, yaitu (1) mereduksi data dengan memilih hal-hal yang penting dan memfokuskan pada hal-hal pokok, (2) menyajikan data pengelompokan dan penyusunan dengan pola hubungan sehingga mudah untuk dimengerti atau dipahami, dan (3) memverifikasi data dengan penarikan simpulan dan verifikasi data. Hasil analisis menunjukan bahwa bentuk campur kode dalam siniar Helmy Yahya Bicara yang paling sering ditemui ialah campur kode klausa karena beberapa konsep dalam pembicaraan sulit untuk diterjemahkan secara langsung ke dalam Bahasa Indonesia tanpa kehilangan maknanya sehingga pembicara melakukan campur kode tersebut agar pesan tetap tersampaikan dengan baik. Selain itu, faktor penyebab terjadinya campur kode yang paling sering ditemui dalam siniar Helmy Yahya Bicara yaitu faktor pemilihan istilah kebahasaan karena topik yang dibicarakan berupa bisnis dan investasi sehingga penggunaan istilah asing digunakan agar memberikan kesan profesional, global, dan up-todate. Penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI pada materi teks drama pada sub-materi menulis teks drama. Materi ini masuk pada fase F dan elemen menulis. Kata kunci: campur kode, implikasi, siniar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308844534 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:47 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 07:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86254 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |