SEPTIKA , PUTRI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP KEMAPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMK YPI SEPUTIH MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3305Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3130Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran yang berfokus pada keterampilan kewarganegaraan peserta didik, diperlukan pendekatan inovatif, seperti model pembelajaran problem solving, untuk memahami mengenai isu kewarganegaraan dalam konteks nyata. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Probem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMK YPI Seputih Mataram. Metode penelitian ini adalah quasy experiment dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMK YPI Seputih Mataram. Teknik perhitungan data menggunakan bantuan microsoft excel dan SPSS versi 25. Berdasarkah hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem solving sebesar 90,8% dengan kategori sangat baik, sedangkan kelas kontol menggunakan model pembelajaran diskusi sebesar 78,6% dengan kategori baik. Hal ini diperkuat dengan hasil N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 54,02, sedangkan kelas kontrol sebesar 25,36. Analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran problem solving. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Solving, Berpikir Kritis, Eksperimen, Kontrol
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | 2308113849 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 08:29 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 08:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86265 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |