PENGARUH HABIT, HEDONIC MOTIVATION, SOCIAL INFLUENCE, DAN DIGITAL FINANCIAL LITERACY TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS OLEH MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa di Tiga Kampus Perguruan Tinggi Swasta Kota Bandar Lampung)

AGUNG, PRAKOSO (2025) PENGARUH HABIT, HEDONIC MOTIVATION, SOCIAL INFLUENCE, DAN DIGITAL FINANCIAL LITERACY TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS OLEH MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa di Tiga Kampus Perguruan Tinggi Swasta Kota Bandar Lampung). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2803Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2267Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan teknologi digital dalam sektor keuangan telah mendorong transformasi dalam sistem pembayaran, salah satunya melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Penggunaan QRIS semakin meningkat, khususnya di kalangan mahasiswa yang cenderung adaptif terhadap perkembangan teknologi keuangan digital sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah habit, hedonic motivation, social influence, dan digital financial literacy memiliki pengaruh terhadap keputusan penggunaan QRIS oleh mahasiswa di tiga perguruan tinggi swasta di Kota Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis explanatory reasearch dengan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan pendistribusian kuisioner yang dapat diakses melalui tautan yang peneliti share melalui berbagai sosial media salah satunya melalui media whatsapp kepada 100 responden di tiga kampus perguruan tinggi swasta dikota bandar lampung. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic motivation dan digital financial literacy memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan penggunaan QRIS, sedangkan pengaruh habit dan social influence menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan. Secara simultan, semua variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan penggunaan QRIS. Implikasi dari temuan hasil penelitian ini adalah agar kolaborasi antara pihak pemerintah dan juga Bank Indonesia dalam mengedukasi para merchant bisa dilakukan lebih intens lagi, berkelanjutan serta secara menyeluruh. Pihak Bank Indonesia juga mungkin bisa lebih memperhatikan perbaikan sistem serta jaringan yang ada pada daerah-daerah tertentu yang masih belum terjangkau. Kata kunci: Habit, Hedonic Motivation, Social Influence, Digital Financial Literacy, QRIS

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2308310663 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:33
Terakhir diubah: 17 Apr 2025 08:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86271

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir