PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN BERBASIS SSI TERINTEGRASI STEM-PjBL UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SUSTAINABILITY LITERACY

ANIS, TASYANI (2025) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN BERBASIS SSI TERINTEGRASI STEM-PjBL UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SUSTAINABILITY LITERACY. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3728Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas program pembelajaran dengan pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) terintegrasi STEM-PjBL untuk menstimulus keterampilan berpikir kreatif dan Sustainability Literacy peserta didik pada topik energi terbarukan. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik analisis data pada pengembangan produk menggunakan analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta analisis statistik untuk efektivitas. Hasil analisis data menunjukkan program pembelajaran berbasis Socio Scientific Issue (SSI) terintegrasi STEM-PjBL valid untuk menstimulus keterampilan berpikir kreatif dan Sustainability Literacy peserta didik pada topik energi terbarukan dengan bobot persentase 92,2% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan program pembelajaran memperoleh bobot persentase 92,9% dengan kriteria sangat praktis, dan efektivitas memperoleh N-Gain 0,9 untuk keterampilan berpikir kreatif dan N-Gain 0,74 untuk Sustainability Literacy dengan kategori tinggi. Sedangkan skor skor effect size menunjukkan pengaruh sebesar 0,663 (sedang) dalam menstimulus keterampilan berpikir kreatif dan berpengaruh sebesar 0,745 (sedang) dalam menstimulus Sustainability literacy peserta didik, menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki efektivitas sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Program pembelajaran berbasis Socio Scientific Issue (SSI) terintegrasi STEM-PjBL dinyatakan sangat valid, skor ini diperoleh melalui penilaian aspek validasi yang meliputi modul ajar (89%), e-Handout (94,3%), dan e-LKPD (93,2%); 2) kepraktisan program pembelajaran dengan pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) terintegrasi STEM-PjBL terkategori sangat praktis, skor ini diperoleh melalui penilaian aspek kepraktisan yang meliputi aspek keterlaksanaan (94,4%), kemenarikan (92,3%) dan keterbacaan (92,1%); serta 3) efektivitas program pembelajaran terkategori sedang berdasarkan skor N-Gain dan effect size, sehingga program pembelajaran berbasis Socio Scientific Issue (SSI) terintegrasi STEM-PjBL dinyatakan dapat menstimulus keterampilan berpikir kreatif dan Sustainability Literacy peserta didik pada topik energi terbarukan. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Socio Scientific Issue (SSI), Sustainability Literacy, STEM- PjBL, program pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308231019 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2025 01:48
Terakhir diubah: 21 Apr 2025 01:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86286

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir