PERBANDINGAN REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATION DENSITY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA SMA

MELI, KURNIA WATI (2025) PERBANDINGAN REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATION DENSITY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2238Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1491Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara real lab dan virtual lab Phet simulation Density ditinjau dari gaya belajar dan keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, dengan populasi seluruh siswa kelas XI, sampel sebanyak kelas XI.1 sebanyak 31 siswa, kelas XI.2 sebanyak 34 siswa, Kelas XI.3 sebanyak 34 siswa, dan kelas XI.4 sebanyak 33 siswa. Sampel diambil secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitan yaitu factorial design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain, Uji Two Way Anova, dan uji Tukey. Hasil uji two way anova diperoleh nilai signifikansi perlakuan sebesar 0.09 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa menggunakan metode praktikum real lab dan virtual lab berbasis PhET simulation pada materi density. Hasil uji two way anova diperoleh nilai signifikasi gaya belajar sebesar 0.443 yang artinya tidak terdapat perbedaan keterampilan proses sains materi density yang disebabkan gaya belajar. Hasil uji Two way anova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.736 sehingga dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat interaksi antara cara praktikum (real lab dengan virtual lab) density dengan gaya belajar dilihat dari keterampilan proses sains materi density. Kata Kunci : Real Lab, Virtual Lab, Gaya Belajar, Keterampilan Proses Sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308582707 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2025 03:14
Terakhir diubah: 21 Apr 2025 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86317

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir