PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF MANAJEMEN HSE (HEALTH, SAFETY, ENVIRONMENT) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PADA KARYAWAN MEKANIK PT ALTRAK 1978 LAMPUNG

DEVANI , OKTAVIANTI (2025) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF MANAJEMEN HSE (HEALTH, SAFETY, ENVIRONMENT) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PADA KARYAWAN MEKANIK PT ALTRAK 1978 LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2711Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1943Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam menciptakan kesadaran mengenai pentingnya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) adalah mengajak semua karyawan untuk tetap konsisten mengikuti peraturan. Minimnya pemahaman karyawan mengenai K3 bisa menimbulkan kecelakaan kerja dan dampak negatif untuk kesejahteraan pekerja. Terkait pencegahan terjadinya kecelakaan kerja, komunikasi persuasif merupakan salah satu bentuk komunikasi yang efektif digunakan untuk mengedukasi K3 pada karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi persuasif manajemen HSE terhadap perubahan perilaku karyawan mekanik PT Altrak 1978 Lampung. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif dari Hovland, Janis, Kelley dan teori AIDDA tentang perubahan perilaku. Penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan survei eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 72 karyawan mekanik PT Altrak 1978 Lampung. Dari hasil sebaran kuesioner diolah menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu variabel komunikasi persuasif (X) secara simultan berpengaruh terhadap variabel perubahan perilaku (Y) yaitu sebesar 64,9% sedangkan 35,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. nilai Sig. adalah sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji F dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dengan kata lain variabel komunikasi persuasif (X) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel perubahan perilaku (Y). Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Perubahan Perilaku, Kesehatan, keselamatan kerja

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2308111304 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2025 03:48
Terakhir diubah: 21 Apr 2025 03:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86330

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir