UPAYA DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DALAM PENYELENGGARAAN FESTIVAL JAK JAPAN MATSURI (JJM) DI BAWAH NAUNGAN JAPAN FOUNDATION (JF) INDONESIA SEBAGAI ALAT DIPLOMATIK, 2016—2021

Dimas , Rezza Pratama (2025) UPAYA DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DALAM PENYELENGGARAAN FESTIVAL JAK JAPAN MATSURI (JJM) DI BAWAH NAUNGAN JAPAN FOUNDATION (JF) INDONESIA SEBAGAI ALAT DIPLOMATIK, 2016—2021. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKEIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas upaya Jepang dalam menggunakan budayanya sebagai alat diplomatik mereka. Penggunaan diplomasi budaya yang dilakukan Jepang bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral serta memperkuat citra positif suatu negara di mata masyarakat asing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Data diperoleh melalui studi pustaka, analisis dokumen, dan sumber data dari kepemerintahan dan swasta dari pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JJM berperan sebagai sarana diplomasi budaya Jepang dengan memperkenalkan berbagai aspek kebudayaan, seperti seni tradisional, musik, kuliner, serta pertukaran budaya antara masyarakat Jepang dan Indonesia. Festival ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang hiburan tetapi juga sebagai instrumen diplomatik untuk memperkuat hubungan sosial, ekonomi, dan politik antara kedua negara. Dalam periode 2016 sampai 2021, JF Jakarta memainkan peran penting dalam mendukung keberlangsungan festival melalui kerja sama dengan berbagai lembaga atau pihak swasta. Meski mengalami tantangan, seperti pandemi COVID- 19 yang menyebabkan acara dibatalkan, tetapi diplomasi budaya Jepang tetap berjalan efektif sesuai penerapan strategi Cool Japan yang mengajak seluruh aktor baik pemerintah Jepang maupun pihak swasta untuk terus dapat mempromosikan produk-produk budaya Jepang. Kata Kunci: Diplomasi Budaya, Japan Foundation, Jak Japan Matsuri, Cool Japan, Hubungan Jepang-Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2308822304 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2025 03:39
Terakhir diubah: 21 Apr 2025 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86334

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir