Efektivitas Pembelajaran Discovery Berbasis Simulasi Dinamika Molekul Untuk Meningkatkan Kemampuan Translasi Satu Level Representasi Kimia Siswa Pada Materi Laju Reaksi

Choirul , Anwar (2024) Efektivitas Pembelajaran Discovery Berbasis Simulasi Dinamika Molekul Untuk Meningkatkan Kemampuan Translasi Satu Level Representasi Kimia Siswa Pada Materi Laju Reaksi. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi lengkap.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3376Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan.pdf

Download (1699Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbasis simulasi dinamika molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi satu level representasi kimia siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Perintis 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 390 siswa yang terbagi ke dalam 12 kelas. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas XI 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran discovery berbasis simulasi dinamika kolekul, sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran discovery tanpa menggunakan simulasi dinamika molekul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,59 yang berkategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery berbasis simulasi dinamika molekul efektif untuk meningkatkan kemampuan translasi satu level representasi kimia siswa pada materi laju reaksi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308785015 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:13
Terakhir diubah: 21 Apr 2025 08:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86365

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir