PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PELAJARAN SEJARAH YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS X SMA N 1 KETAPANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Selo, Afip Firmansyah (2013) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PELAJARAN SEJARAH YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS X SMA N 1 KETAPANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (650Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (606Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2295Kb)

Abstrak

Penelitian pendahuluan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ketapang, diketahui beberapa faktor yang diindikasikan sebagai penyebab rendahnya nilai ujian sejarah semester yang lalu, salah satunya adalah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran masih kurang karena pelajaran sejarah terkesan hanya hafalan. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan cara mencoba memvariasikan model pembelajaran yang lain. Dalam penelitian ini dipilih model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Snowball Throwing (ST). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diajar menggunakan model Team Games Tournament (TGT) dan Snowball Throwing (ST) serta membandingkan motivasi belajar siswa setelah diajar menggunakan model Team Games Tournament (TGT) dan Snowball Throwing (ST). Desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X2 dan X3 di SMA Negeri 1 Ketapang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dengan akumulasi nilai rata-rata angket sebesar 84,25 dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing (ST) dengan rata- rata nilai angket sebesar 81,62. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dibandingan dengan model pembelajaran Snowball Throwing (ST).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LA History of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 04 Feb 2014 08:06
Last Modified: 04 Feb 2014 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item