PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

PUJI , LESTARI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2378Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2238Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan LKPD berbasis pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKPD berbasis pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS antara kelas ekspeirmen dan kelas kontrol peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat tahun pelajaran 2024/2025. Kata Kunci: berpikir kritis, lembar kerja peserta didik, pendekatan STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308661025 . Digilib
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:35
Terakhir diubah: 22 Apr 2025 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86472

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir