Taal, 0913068020 (2011) UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR LARI PADA LARI CEPAT MELALUI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V.A DI SD. NEGERI. 1 BAKUNG BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (358Kb) | Preview |
|
File PDF
bab iv.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (150Kb) |
||
|
File PDF
bab v.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (60Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian alat bantu pembelajaran berupa : Tali karet dan Tangga modifikasi serta Kardus rintangan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari cepat (sprint) pada siswa kelas V.A di SD. Negeri 1 Bakung Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kaji tindak (Action Research), yaitu putaran bersepiral (Self Reflective Spiral) yang dirancang secara: (a) Rencana tindakan, (b) Pelaksanaan tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, dari siklus pertama dan seterusnya hanya bersifat mengulang dan merubah alat bantu dari siklus sebelumnya. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A. di SD Negeri 1 Bakung Bandar Lampung dengan jumlah siswa 36 orang, terdiri dari 17 siswa putra dan 19 siswa putri, dengan pertimbangan bahwa kelas tersebut merupakan kelas yang dikategorikan rendah terhadap pembelajaran gerak dasar lari cepat (sprint) . Hasil Tes awal sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai ≥65 adalah sebanyak 10 siswa yaitu 6 siswa putra dan 4 siswa putri atau sebesar 27,78 % Kemudian setelah diadakan tindakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing siklus terdapat peningkatan, yaitu: Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥65 sebanyak 13 siswa yaitu 7 siswa putra dan 6 siswa putri atau 36,11%. Ada peningkatan sebesar 8,33 % dibandingkan pada tes awal atau sebelum tindakan. Kemudian pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥65 sebanyak 19 siswa yaitu 9 siswa putra dan 10 siswa putri atau 52,78 % ada penipngkatan sebesar 16,67 % dibanding pada siklus I. Sedangkan pada siklus III siswa yang memperoleh nilai ≥65 sebanyak 34 siswa yaitu 16 siswa putra dan 18 siswa putri atau 94,44%. Berarti ada peningkatan sebesar 41,66 % dibandingkan pada siklus II Perhitungan akhir dari tes awal atau sebelum tindakan ke siklus III adalah 66,66 % Bila hasil perhitungan meningkat atau mencapai 50 % ke atas maka tindakan yang dilakukan dinyatakan efektif. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari cepat (sprint) pada siswa kelas V.A di SD. Negeri 1 Bakung Telukbetung Barat Bandar Lampung
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 02:17 |
Terakhir diubah: | 21 Apr 2015 02:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8648 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |