PEMBELAJARAN SENI TARI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG HALAMAN JUDUL

Ni Eka , Oktaviani (2025) PEMBELAJARAN SENI TARI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG HALAMAN JUDUL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari dengan memanfaatkan Tiktok pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Masalah utama penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaranseni tari menggunakan media sosial Tiktok. Penelitian berlandaskan teoribehavioristik, yang menghubungkan stimulus dan respons dalam pembelajaran.Tiktok berperan sebagai stimulus visual dan auditif yang memotivasi siswa untuk merespons melalui pengamatan dan latihan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru pembimbing dan siswa ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan media sosial Tiktok dilakukan dalam enam kalipertemuan. Dance Challenge TikTok digunakan sebagai stimulus dalam kegiatan pembelajaran, di mana siswa secara aktif mengamati video tari di TikTok, meniru gerakan yang diperagakan, serta mempraktikkannya baik secara individu maupundalam kelompok. Respon siswa pun beragam, namun secara umum tampakantusias karena mereka dapat mengaitkan pembelajaran dengan minat mereka. Antusiasme ini juga terlihat dari inisiatif siswa yang memberikan respons tanpaadanya stimulus eksternal, seperti melakukan gerakan tertentu tanpa instruksi dariguru, yang mencerminkan adanya perubahan pola perilaku yang dipengaruhi olehfaktor lain. Dalam proses pembelajaran, siswa perempuan cenderung lebih aktifdibandingkan siswa laki-laki, meskipun demikian, seluruh siswa menunjukkanrespons yang cukup baik terhadap kegiatan yang diberikan. Kata kunci: Pembelajaran Seni Tari, Tiktok, Ekstrakurikuler.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2308869911 . Digilib
Date Deposited: 06 May 2025 07:20
Terakhir diubah: 06 May 2025 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86489

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir