Nasywa , Dwi Ladri (2025) PENGGUNAAN THEILEREN METHOD PADA PEMBELAJARAN TARI MAPAK DI SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (13Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf Download (13Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan Theileren Method pada pembelajaran tari Mapak di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas tujuh yang berjumlah 30 siswa. Adapun konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theileren Method menurut Victor Simanjuntak (2008). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tahapan berupa reduksi data, dan data display. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan Theileren Method dalam bentuk praktik langsung. Terdapat empat tahap penggunaan Theileren Method diantaranya preview, analisis, melatih dan sintesis. Pada tahap preview guru mengenalkan dan memperagakan ragam gerak tari Mapak kemudian diikuti oleh siswa. Proses analisis pada ragam gerak yang diperagakan oleh siswa dimulai dari siswa memperagakan gerak, lalu guru mengamati per ragam gerak yang diperagakan. Selanjutnya pada tahap melatih, guru memperagakan kembali gerak yang sudah diajarkan kemudian siswa memperagakan gerak yang telah diajarkan. Sehingga pada tahap sintesis proses penggabungan semua ragam gerak yang telah dipelajari. Oleh karena itu, dari hasil 6 pertemuan yang telah dilakukan, siswa dengan inisal AS, TR, MF DAN SP sulit memahami materi setiap pertemuan karena rasa malu serta ketidakpercayaan diri saat mengikuti gerakan, selain itu karena ketidakkonsistens annya guru dalam menerapkan tahapan Theileren Method dalam setiap pertemuan. Kata kunci: theileren method, pembelajaran tari, tari mapak
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 2308924821 . Digilib |
Date Deposited: | 06 May 2025 07:32 |
Terakhir diubah: | 06 May 2025 07:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86505 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |