PENGARUH MODEL GAMES BASED LEARNING (GBL) BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 5 METRO TIMUR

YOZHA , FATONAH (2024) PENGARUH MODEL GAMES BASED LEARNING (GBL) BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 5 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2622Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2428Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Games Based Learning (GBL) berbantuan Puzzle pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 54 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 36 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test, diperoleh nilai positif dan hasil dari uji korelasi menunjukkan kategori kuat sehingga dapat disimpulkan bahwa model Games Based Learning berbantuan Puzzle berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Kata Kunci: games based learning, kemampuan berpikir kritis, matematika, puzzle The problem of this research is the low critical thinking skills of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Timur. This study aims to determine the effect of Games Based Learning (GBL) assisted by Puzzle in learning Mathematics on students' critical thinking skills. The research method used a quasi experiment design with a non-equivalent control group design. The population of this study were all fourth grade students totaling 54 students. Determination of the research sample using purposive sampling technique, namely sampling with certain considerations with a total of 36 students. Data collection techniques using observation, interviews, documentation, and tests. Hypothesis testing using t-test, obtained a positive value and the results of the correlation test showed a strong category so that it can be concluded that the Games Based Learning model assisted by Puzzle has an effect on the critical thinking skills of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Timur. Keywords: critical thinking ability, games based learning, mathematics, puzzle

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308181305 . Digilib
Date Deposited: 06 May 2025 07:38
Terakhir diubah: 06 May 2025 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86513

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir