PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, LITERASI KEUANGAN, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS LAMPUNG

Zahrotun, Nisa Salsabila (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, LITERASI KEUANGAN, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Zahrotun Nisa Salsabila_2013031004_Abstrak - 02_zahrotun nisa salsabila.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img] File PDF
Zahrotun Nisa Salsabila_2013031004_Full - 02_zahrotun nisa salsabila.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2881Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Zahrotun Nisa Salsabila Bab 1, 2, 3, 5, Dapus - 02_zahrotun nisa salsabila.pdf

Download (3149Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, literasi keuangan, dan lingkungan teman sebaya terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa jurusan pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2020 dan 2021 sejumlah 678 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh sebanyak 252 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis linier sederhana dan analisis linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial variabel pendidikan keuangan di keluarga sebesar 41,6%, literasi keuangan sebesar 66,3%, dan lingkungan teman sebaya sebesar 41,7% terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Adapun pengaruh secara simultan adalah sebesar 0,708 atau 70,8%, sedangkan 29,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.Kata kunci: literasi keuangan, manajemen keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, teman sebaya This research is motivated by the low personal financial management of students. The purpose of this research is to determine the influence of financial education in family, financial literacy, and peer environment on the personal financial management of students. The research is a type of quantitative research using a descriptive-verification method with an ex post facto and survey approach. The population comprises students majoring in social studies education at the faculty of teacher training and education, University of Lampung, from the cohorts of 2020 and 2021, totaling 678 students. Sample selection was done using probability sampling with a simple random sampling technique, resulting in 252 samples. Data was collected using questionnaires and documentation. Hypothesis testing was conducted using simple linear analysis and multiple linear analysis with the assistance of SPSS version 25.0 software. The findings indicate that there is a significant positive partial effect of financial education in family at 41.6%, financial literacy at 66.3%, and peer environment at 41.7% on students' personal financial management. The combined effect is 0.708 or 70.8%, while the remaining 29.2% is influenced by other unexamined variables. Keywords: financial literacy, financial management, financial education in family, peer group

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 May 2025 02:49
Terakhir diubah: 05 May 2025 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86551

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir