PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ANA PUTRI , SHOLIHAH (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan parameter instrumen penilaian sikap disiplin yang valid dan reliabel bagi peserta didik dan (2) mendeskripsikan efektivitas instrumen penilaian sikap disiplin bagi peserta didik kelas V SDN 5 Jatimulyo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas V SDN 5 Jatimulyo dan sampel dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas V A yang memiliki tingkat disiplin belajar rendah. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Instrumen penilaian sikap disiplin yang valid dan reliabel memiliki parameter tertentu, salah satunya adalah validitas isi yang diperoleh melalui penilaian ahli. Hasil validasi dari dosen dan pendidik ahli evaluasi menunjukkan tingkat validitas masing-masing sebesar 0,80 dan 0,92, sedangkan dari ahli bahasa sebesar 0,90 dan 0,94 semuanya termasuk kategori sangat valid. (2) Instrumen ini terbukti efektif dalam mengukur sikap disiplin peserta didik, dengan rata-rata persentase keefektifan sebesar 87,70% (observasi), 87,99% (self assessment), dan 88,20% (peer assessment), seluruhnya masuk dalam kategori sangat efektif. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,920 lembar observasi, 0,883 self assessment, dan 0,883 peer assessment. Kategori sangat kuat, sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Oleh karena itu, instrumen ini layak digunakan untuk mengevaluasi sikap disiplin siswa kelas V SDN 5 Jatimulyo. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Sikap Disiplin, Siswa Kelas V This research aims to (1) describe the parameters of a valid and reliable disciplinary attitude assessment instrument for students and (2) describe the effectiveness of the disciplinary attitude assessment instrument for class V students at SDN 5 Jatimulyo. This research is a type of Research & Development (R&D) research, development is carried out referring to Borg & Gall's theory. The population in this study were educators and students of class V SDN 5 Jatimulyo and the sample in this study were 15 students of class V A who had a low level of learning discipline. The data collection tool uses a valid and reliable questionnaire instrument. The results of this research show that (1) A valid and reliable disciplinary attitude assessment instrument has certain parameters, one of which is content validity obtained through expert assessment. Validation results from lecturers and evaluation expert educators show a validity level of 0.8 and 0.92 respectively, while from linguists it is 0.9 and 0.94, all of which are in the very valid category. (2) This instrument has proven to be effective in measuring students' disciplinary attitudes, with an average percentage of effectiveness of 87.70% (observation), 87.99% (self-assessment), and 88.20% (peer-assessment), all of which fall into the very effective category. Therefore, this instrument is suitable to be used to evaluate the disciplinary attitude of class V students at SDN 5 Jatimulyo. Keywords: Assessment Instrument, Disciplinary Attitude, Class V Students

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: 2308277138 . Digilib
Date Deposited: 05 May 2025 04:32
Terakhir diubah: 05 May 2025 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86555

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir