ANALISIS HOTS SISWA PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DALAM PENGGUNAAN LEMBAR KERJA ARGUMENTATIF LIVEWORKSHEET MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Dhea , Olivia Amanda (2024) ANALISIS HOTS SISWA PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DALAM PENGGUNAAN LEMBAR KERJA ARGUMENTATIF LIVEWORKSHEET MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_DHEA OLIVIA AMANDA_1913024005_PENDIDIKAN BIOLOGI - Dhea Olivia Amanda.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL (TANPA LAMPIRAN)_DHEA OLIVIA AMANDA_1913024005_PENDIDIKAN BIOLOGI - Dhea Olivia Amanda.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2869Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
REVISI_SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN&LAMPIRAN-DHEA OLIVIA AMANDA - Dhea Olivia Amanda.pdf

Download (1925Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis HOTS peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dalam penggunaan lembar kerja argumentatif Liveworksheet melalui model Discovery Learning di SMP Negeri 1 Natar. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non equivalen control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 69 orang dicuplik dari populasi berjumlah 384 orang menggunakan teknik simple random sampling. Tes kognitif (C4, C5 dan C6) dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Data tanggapan peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja argumentatif Liveworksheet melalui model Discovery Learning dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai N- gain yang signifikan (P<0,05) antara pembelajaran yang menggunakan model Discovery Learning dengan model Discovery Learning berbantuan lembar kerja argumentatif liveworksheet. Nilai HOTS yang tinggi pada kelas eksperimen adalah kemampuan mengevaluasi (N-gain 0,63) dan kemampuan menganalisis (N-gain 0,62), sedangkan pada kelas kontrol ketiga indikator HOTS tersebut rendah. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan peserta didik didapatkan hampir semua peserta didik (82,25%) memberikan respon sangat positif terhadap penggunaan lembar kerja argumentatif Liveworksheet melalui model Discovery Learning. Kata Kunci : HOTS, Lembar Kerja Argumentatif Liveworksheet, Model Discovery Learning, Klasifikasi Makhluk Hidup

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 May 2025 05:00
Terakhir diubah: 05 May 2025 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86570

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir