PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI THUNKABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

MAYA , ANGGARAINI (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI THUNKABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRA - ABSTRACT.pdf

Download (256Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3275Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASA.pdf

Download (2385Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Thunkable pada materi suhu dan kalor guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahap, yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Pada tahap pengembangan, dilakukan pembuatan produk serta serangkaian uji kelayakan, meliputi uji validasi ahli, uji kepraktisan, dan uji Efektivitas. Uji validasi ahli menunjukkan hasil sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Uji respons peserta didik memperoleh persentase 77% dengan kategori baik, sedangkan uji persepsi guru menghasilkan persentase 89% dengan kategori sangat baik. Uji efektivitas dilakukan melalui analisis N-Gain dan uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 dengan taraf kepercayaan 95%, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan eLKPD berbasis PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan nilai 0,65 dengan peningkatan sebesar 39%, yang mengindikasikan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan efektivitas, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan aplikasi Thunkable ini layak digunakan dalam pembelajaran suhu dan kalor di sekolah serta efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: e-LKPD, keterampilan berpikir kritis, problem based learning, suhu dan kalor, thunkable.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308296431 . Digilib
Date Deposited: 05 May 2025 07:19
Terakhir diubah: 05 May 2025 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86571

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir