PENGEMBANGAN INDIKATOR ALAMI DARI EKSTRAK BUNGA TELANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA

NANDA, WIGUNA PUTRI KUSUMA (2024) PENGEMBANGAN INDIKATOR ALAMI DARI EKSTRAK BUNGA TELANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
3. ABSTRAK - Nanda Wiguna Putri Kusuma.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL NANDA - Nanda Wiguna Putri Kusuma.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3167Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN NANDA - Nanda Wiguna Putri Kusuma.pdf

Download (2143Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan indikator alami dari ekstrak bunga telang sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) dengan desain embedded experimental model. Subyek penelitian pada tahap sebelum intervensi adalah 21 guru kimia dan 152 siswa SMA di Kota Bandar Lampung, serta selama dan sesudah intervensi adalah 27 siswa kelas XI 5 dan 4 guru kimia di SMAN 13 Bandar Lampung. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji Paired Sample T-Test. Metode pengembangan indikator alami dari ekstrak bunga telang dilakukan dengan titrasi potensiometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran titrasi asam basa memiliki karakteristik yang terdiri dari RPP dan LKPD berbasis masalah limbah detergen, asesmen tes kreativitas ilmiah, dan asesmen kinerja kreativitas ilmiah, serta media pembelajaran berupa indikator alami dari ekstrak bunga telang yang memenuhi kriteria valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa indikator alami dari ekstrak bunga telang sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan kreativitas ilmiah siswa ditinjau dari rata-rata nilai n-gain sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi, dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada nilai pretest dan posttest. Keefektifan pembelajaran titrasi asam basa menggunakan indikator alami dari ekstrak bunga telang sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa juga mendapat respon positif dari guru sebesar 100% dan dari siswa sebesar 97% dengan kriteria sangat tinggi. Keakuratan indikator ekstrak bunga telang sebagai indikator titrasi asam basa adalah 97,91%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa indikator alami dari ekstrak bunga telang sebagai media pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik yang valid, terlaksana dengan efektif, dan mendapat respon positif dari guru dan siswa dalam meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Kata kunci: ekstrak bunga telang, titrasi asam basa, kreativitas ilmiah This research aims to develop natural indicators from telang flower extract as a learning media to increase students' scientific creativity. The research method used is mixed methods with an embedded experimental model design. The subjects in this research were before the intervention involving 21 chemistry teachers and 152 high school students in Bandar Lampung City, during and after the intervention involving 27 class XI 5 students and 4 chemistry teachers at SMAN 13 Bandar Lampung. Test the hypothesis with the Paired Sample T-Test. Method for developing natural indicators from telang flower extract using potentiometric titration. The results of the research show that acid-base titration learning has characteristics consisting of RPP and LKPD based on detergent waste problems, scientific creativity test assessments, and scientific creativity performance assessments, as well as learning media in the form of natural indicators from telang flower extract with valid criteria for use in learning. The research results also show that the natural indicator of telang flower extract as a learning media is effective in increasing students' scientific creativity in terms of the average n-gain value of 0.80 with high criteria, and the sig. (2-tailed) < 0.05, which means there is a very significant difference in the pretest and posttest scores. The effectiveness of learning acid-base titration using natural indicators from telang flower extract as a learning media to increase students' scientific creativity also received a positive response from teachers by 100% and from students by 97% with very high criteria. The accuracy of the telang flower extract indicator as an acid-base titration indicator is 97.91%. Based on the results of this research, it was concluded that the natural indicator of telang flower extract as a learning media that was developed had valid characteristics, effective, and received a positive response from teachers and students in increasing students' scientific creativity. Keyword: telang flower extract, acid-base titration, scientific creativity

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 May 2025 06:31
Terakhir diubah: 05 May 2025 06:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86574

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir